Cara mencuci mobil yang benar

No comments :

Advertisement
Mencuci mobil akan terdengar sebagai pekerjaan yang sepele, yakni tidak memerlukan pengetahuan teknis secara khusus.Memang benar, namun salah dalam mencuci mobil justru akan mengakibatkan masalah yang tidak kecil.Cat mobil justru akan lebih cepat terlihat kusam, jika salah dalam melakukan pekerjaan pencucian mobil ini.Walaupun banyak tukang cuci dipinggir jalan, namun terkadang kita ingin mencucinya sendiri.

Berikut Tips cara mencuci mobil yang benar


Jangan cuci mobil dibawah terik matahari

Kalau bisa mencuci mobil dilakukan dipagi hari atau disore hari, dimana sinar matahari tidak terasa panas.Kalaupun mencuci disiang hari yang panas, sebaiknya dilakukan didalam tempat yang terlindungi.Titik air yang terkena panas akan menguap dan meninggalkan kerak yang sangat sulit dihilangkan, apalagi air mengandung bahan tertentu.

Lap debu yang menempel

Jika body mobil anda diselimuti debu,  sebelum diguyur air sebaiknya di lap menggunakan kemoceng halus/bulu ayam agar debu berkurang.Langsung melap body mobil dengan air dan lap basah tanpa membersihkan debu bisa mengakibatkan cat tergores partikel debu.Terurama untuk anda yang berada diwilayah yang ada gunung berapi aktifnya, biasanya abu gunung akan menempel pada mobil.

Semprot body mobil

Semprot terlebih dahulu seluruh body mobil menggunakan alat semprotan air , untuk menghilangkan debu atau tanah/pasir yang menempel.Ini dilakukan jika tidak ada lap kemoceng, atau bisa dilakukan setelah body dilap kemoceng.Maksudnya sama, agar kotoran yang menempel tidak menggores saat dilap dengan air.

Guyur mobil sambil dilap

Lap sisa kotoran yang menempel dengan menggunakan lap khusus pencuci mobil dengan cara bersamaan sambil diguyur air pada daerah yang dilap.Gunakan air yang mengalir(pakai slang), jangan menaruh diember sambil lap dibasahi.Ini untuk meminimalisir terjadinya goresan akibat kotoran yang menempel.

Cuci dengan shampoo

Setelah proses guyur diatas selesai, lanjutkan dengan menyabun seluruh body dengan shampoo mobil dengan bantuan lap bersih dan halus.Shampoo rambutpun nggak masalah, asal tak mengandung deterjen.Setelah seluruh body habis dishampoo, bilas dengan cara diguyur kembali body mobil dengan menggunakan slang.Lakukan sekaligus sambil dilap basah untuk menghilangkan sisa shampoo.Lap seluruh body hingga shampoo yang menempel benar-benar  bersih.Dengan menggunakan shampoo, permukaan body mobil akan bersih betul, terutama dari sisa minyak.

Di Lap kering

Jangan menunggu terlalu lama setelah mobil habis dicuci, segera dilap secepat mungkin sampai permukaan body kering betul.Sebab jika masih ada air, akan meninggalkan bekas jika mobil akan terkena panas matahari.
Lap seluruhnya hingga  pada celah-celah pintu, agar tidak ada sisa air yang tertinggal, sehingga menimbulkan karat.

Cuci ban

Ban mobil jangan sampai luput, cucilah dengan cara dibasahi dan kemudian disikat dengan air sabun lalu bilas dengan air hingga bersih.Hal ini dilakukan agar sisa-sisa minyak atau olie yang menempel diban hilang.Selain ban akan kelihatan lebih hitam dan bersih, ban akan lebih awet karena terbebas dari minyak yang mungkin menempel.

Tips

Jika anda lebih suka mencuci mobil dirumah, dilakukan oleh sopir maupun anda sendiri. Sebaiknya sebulan sekali cucilah mobil ditempat yang menyediakan cuci kolong casis.Walaupun tak terlihat, casis atau kolong mobil ini juga perlu perhatian.Terutama dimusim penghujan, hal ini agar casis maupun body bagian bawah tidak cepat berkarat maupun keropos.
Advertisement

Post a Comment

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com