Cara mengatasi Masuk Angin pada mesin diesel

1 comment :

Advertisement
Masuk angin memang gangguan yang bukan terjadi pada manusia saja, mesin mobil pun bisa mengalami masuk angin.
Ini adalah gangguan umum pada mesin diesel, dan masalah masuk angin ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Istilah masuk angin pada mesin diesel ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi yang sudah akrab dengan mobil solar.Namun tetap saja menjadi masalah yang sering dikeluhkan, apalagi untuk pengguna yang masih baru mengenal mobil bermesin diesel.

Sebenarnya semua mesin diesel model lama maupun baru bisa masuk angin, hanya saja pada jenis mobil diesel keluaran baru, masuk angin ini akan diatasi secara otomatis oleh mesin itu sendiri.Perbedaan ini terletak pada sistem injeksi pada sistem bahan bakar terbaru (EFI) untuk mobil diesel.

Untuk mesin diesel pada mobil keluaran lama, mengeluarkan angin harus dilakukan dengan cara manual.

Apakah bisa masuk angin ini menimpa mobil bensin?...Bisa saja, namun pada mesin bensin masuk angin ini tidak akan membawa dampak apa apa.Karena injeksi bahan bakar pada mesin diesel harus bertekanan tinggi, jadi jika masuk angin kekuatan injeksi akan melemah.

Keunggulan dan kekurangan mobil bensin vs mobil diesel, klik disini.
Perbedaan mesin diesel dan mesin bensin,klik disini

Gejala dan akibat masuk angin pada mesin diesel

Selama mesin diesel masih mengalami masuk angin, mesin akan sulit dihidupkan.Kalaupun mesin bisa hidup, RPM berkurang dan tenaganya akan sangat terasa berkurang.Hal ini karena volume bahan bakar yang diinjeksikan kedalam ruang bakar tidak akan pernah sesuai dengan kebutuhan mesin.Selain itu dengan kemasukan angin, tekanan injeksi bahan bakar akan melemah.Padahal tekanan injeksi kedalam ruang bakar ini harus tinggi, agar bahan bakar bisa terbakar dengan baik.

Penyebab masuk angin pada mesin diesel

1.Pada umumnya penyebab angin masuk kedalam pompa injeksi dan mempengaruhi performa ini disebabkan oleh terlambatnya mengisi bahan bakar kedalam tangki.Tangki bahan bakar yang kosong tentu akan diisi oleh angin.Jadi jika bahan bakar dalam tangki kososng/minim maka anginlah yang akan dihisap oleh pompa bahan bakar dan masuk kedalam pompa injeksi.Pada mesin diesel, tidak boleh sampai terlambat mengisi tangki bahan bakar/tangki kekeringan.
2.Penggantian komponen-komponen pada sistem bahan bakar, sehingga harus melepas beberapa part seperti slang-lang, filter bahan bakar, nozzle/injektor.Karena pada saat part ini dibuka, maka udara akan masuk.Untuk itu penggantian part diatas hanya bisa dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman.
3.Membuang air pada penampungan air (water sedimeter) juga merupakan penyebab masuk angin.

Cara membuang angin, agar mesin bisa normal kembali

Walaupun akibatnya terasa sangat berat, namun masuk angin adalah masalah biasa dan ringan yang mudah diatasi.Berikut langkahnya:
  • Pastikan dulu kalau solar didalam tangki sudah penuh/mencukupi.
  • Pastikan apakah slang slang saluran tidak terlihat ada kebocoran.
  • Kendorkan baut nepel angin-angin pada tabung sedimenter.
  • Pompa berulang-ulang sampai terlihat solar keluar bersama angin(solar terlihat berbuih).Pompa terus sampai solar yang keluar tersebut bersih tidak bercampur angin(tidak berbuih).
  • Kencangkan kembali Nepel angin-angin, apabila Solar sudah bersih dari udara.
  • Silahkan dihidupkan mesin, dan akan kembali normal seperti sediakala.
Advertisement

1 komentar :

Arsip

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com