Cara membuat Password yang kuat

No comments :

Advertisement
Internet saat ini sudah seperti menjadi kebutuhan orang setiap hari.Bagaimana tidak, fasilitas-fasilitas online selalu kita manfaatkan untuk memudahkan berbagai urusan.Fasilitas internet yang paling pokok kita manfaatkan paling tidak adalah email, selanjutnya akaun perbankan sampai akaun jejaring sosial.Semua fasilitas yang saya sebutkan tadi sudah pasti menyimpan informasi pribadi yang tidak boleh sampai jatuh ketangan orang lain.Nah untuk itu kita harus memikirkan cara agar informasi pribadi tersebut aman, salah satunya adalah membuat password login yang paling aman dan sulit ditebak oleh software sekalipun.
Pesan saya jangan sembarangan memilih password untuk beberapa akaun penting kita.Buatlah password yang benar-benar unik dan kuat, rutin mengganti password jejaring sosial dan email sekali dalam sebulan adalah tindakan terbaik.Sebenarnya menggati password tidaklah membosankan seperti yang kita kira, jika kita menyadari betapa pentingnya akaun email atau akaun jejaring sosial milik kita.

Berikut tips cara membuat password yang kuat dan aman

⍟ Password yang Panjang

Para ahli menyarankan panjang ideal password adalah delapan karakter atau lebih. Sebagian dari kita merasa bahwa password yang lebih pendek mudah untuk mengingat. Namun, password yang lebih pendek lebih mudah untuk di tebak peretas karena mereka memerlukan lebih kombinasi karakter.Peretas memiliki peralatan software yang canggih lho?,,jadi bukan dilakukan hanya dengan cara tebak manual saja.

⍟ Kombinasi Password

Password terkuat dan paling aman adalah password yang memiliki kombinasi unik yang terdiri dari huruf, angka, karakter khusus dan simbol. Sebagian besar dari kita memiliki kecenderungan untuk membuat password hanya terdiri abjad saja atau numerik saja. Password tersebut lebih mudah untuk dilacak,  maka dari itu buatlah password yang terdiri dari beberapa kombinasi karakter.

⍟ Passord yang beragam

Beberapa dari kita memiliki kecenderungan untuk membuat password tunggal untuk beberapa akaun, sehingga dirasa lebih mudah untuk mengingatnya.Ini sangat tidak disarankan, karena peretas yang beruntung akan mendapatkan 1 password saja untuk beberapa akaun anda. Dalam hal ini, yang terbaik adalah untuk membuat password terpisah untuk setiap ID login yang  mungkin Anda miliki.

⍟ Password Baru

Membuat dan menghafal password bisa menjadi suatu hal yang sulit bagi beberapa orang. Jadi mereka biasanya akan membuat satu set yang berisi lima sampai enam password untuk account email atau online banking dll. Password ini pada umumnya digunakan secara berganti ganti untuk banyak akaun. Namun, saya sarankan untuk membuat password yang baru untuk login akaun yang baru.

Apa yang harus di Hindari ketika Membuat Password yang Aman?


✘ Hindari membuat password dari nama Anda pertama dan terakhir. Demikian pula, hindari password dengan menulis nama Anda pertama dan terakhir secara terbalik. Jangan menggunakan nama hewan peliharaan Anda untuk password.

✘ Jangan membuat password dari nama-nama anggota keluarga Anda, kota kelahirannya atau tanggal lahir.

✘ Disarankan bahwa Anda harus menghindari membuat password yang sangat mirip dengan ID login Anda.

✘ Menggunakan nomor paspor Anda, nomor jaminan sosial atau nomor SIM untuk menciptakan password juga tidak disarankan.

✘ Orang-orang membuat kesalahan umum membuat password dengan angka atau huruf dalam urutan tertentu. misalnya, 123456 atau abc123. Yang begini harus benar-benar dihindari.

✘ Tampaknya mudah untuk membuat password dengan huruf yang terletak secara berurutan pada keyboard komputer standar. misalnya, asdfgh, xcvbnm. Namun, password tersebut mudah ditebak , sebaiknya dihindari membuat password dengan cara seperti itu.

✘ Jangan menciptakan password dengan kata-kata dari kamus yang sebenarnya ada artinya dari bahasa tertentu.

✘ Ketika membuat password dengan huruf, hindari membuat password dari satu jenis huruf. misalnya, ABC atau abc. Sebaliknya, pastikan untuk membuat penggunaan acak baik huruf besar maupun huruf kecil.

✘ Tidan membuat password dari kata-kata umum, misalnya, SANDI, MONKEY, ILUVYOU, PRINCESS, ABC123, 123456789, SHADOW, Discreet, SECRET.

Contoh ide membuat password

Bisa saja menggunakan password berdasarkan sesuatu yang mudah anda ingat.Misalnya lagu kesayangan anda adalah berjudul " Keinginan", bisa saja anda jadikan ide untuk membuat pasword yang unik, sehingga menjadi seperti "K3!n6!N4n".
Atau anda memiliki ide yang unik lainnya, asalkan juga mudah untuk mengingatnya nanti.

CATATAN: Jangan menyimpan password anda dengan cara menulisnya pada secarik kertas, itu sama saja dengan mematahkan sendiri keunikan password Anda.
Advertisement

Post a Comment

Arsip

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com