Jenis Jenis Hardware pada Jaringan Komputer

287475-41618-435B15DSebuah jaringan komputer tidak hanya terdiri dari satu perangkat saja atau hanya satu jenis perangkat.Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang dirancang dengan sangat hati-hati dari berbagai komponen hardware yang berbeda (perangkat jaringan).Komponen komponen hardware ini akan bekerja secara erat dengan memakai berbagai aturan protokol dan komunikasi.

Dari mulai jaringan untuk sebuah rumah tangga,jaringan skala menengah seperti di sekolah atau di mall sampai jaringan skala besar seperti pada perusahaan.Komputer terdiri dari berbagai macam bagian perangkat keras, dengan beberapa standar dan beberapa lagi yang lebih langka dan komplit.

Berikut Komponen inti pada sebuah jaringan Komputer yang patut diketahui oleh seorang teknisi IT

Jadi, apa saja jenis jenis hardware pada jaringan?

Baca terus pada artikel ini mengenai hardware pada jaringan komputer dan beberapa penjelasan singkatnya.
Type perangkat kabel pada Jaringan sekarang semuanya mungkin sudah berganti dengan nirkabel. Tapi pada beberapa jenis koneksi masih harus dipergunakan dan harus ada pada suatu bagian pada jaringan komputer.

Menghubungkan desktop ke router atau router ke modem, koneksi jenis tersebut masih selalu menggunakan kabel.Dan jenis kabel yang umum digunakan adalah CAT5 RJ-45. Sambungan kabel biasanya disebut sebagai lapisan fisik pertama dari perangkat jaringan,yang digunakan sebagai transfer sinyal atau data mentah dari satu ujung ke ujung yang lain.

NIC (Network interface cards)
NIC salah satu bagian komponen yang paling penting dari sebuah jaringan komputer. NIC adalah bagian dari hardware yang memungkinkan komputer untuk bisa diidentifikasi antara satu dan yang lain dalam jaringan.Hal ini akan memungkinkan komputer untuk bisa terhubung ke jaringan. Ia bekerja didalam lapisan fisik dan data link layer pada model OSI
Card ini menyediakan sirkuit yang dibutuhkan untuk menerapkan standar jaringan. Bentuk NIC yang paling umum digunakan adalah Ethernet.
Komputer model terbaru, baik itu desktop atau laptop memiliki NIC yang sudah built-in pada  motherboard.Pada komputer model sebelumnya masih perlu ditambahkan NIC internal atau eksternal.
Laptop dengan built-in Wi-Fi memiliki kemampuan NIC kabel dan nirkabel, namun pada sebagian besar desktop masih menggunakan koneksi kabel dan akan memerlukan adaptor nirkabel untuk bisa terhubung secara nirkabel.


Hubs
Hubs Menghubungkan lebih dari satu komputer ke perangkat jaringan pada tingkatan yang lebih tinggi seperti router akan sulit jika tidak memiliki hub. Sebuah hub mengumpulkan berbagai perangkat melalui koneksi kabel dan mengelompokkan ke dalam segmen. Jadi, jaringan akan menganggap semua perangkat yang terhubung ke hub, sebagai salah satu segmen.
Ciri khas HUB memungkinkan untuk koneksi Ethernet kabel yang memiliki setidaknya 4-5 port ,bisa juga untuk yang memiliki 8, 12 port atau bahkan lebih.Diatas adalah perangkat yang sangat sederhana,tidak mengelola,memfilter maupun mempunyai fungsi yang lain, selain berfungsi  sebagai tempat pengumpulan.

Modem 
Modem berguna sebagai semacam konverter atau penerjemah. Hal ini memungkinkan data digital atau informasi untuk ditransmisikan melalui sambungan transmisi analog seperti saluran telepon.
Kata “modem” merupakan gabungan dari dua istilah transmisi, “memodulasi” dan “demodulasi”, yang merupakan dua fungsi utama yang dilakukan. Sinyal digital dari komputer diubah ke dalam bentuk analog, dikirim melalui media analog dan kemudian diterjemahkan kembali ke dalam bentuk digital pada penerima akhir.

Baca Juga :  Cara membuat Backup registry System Windows XP

Router 
Router bisa disebut sebagai ruang surat dari jaringan. Mereka menerima paket data yang masuk,menangani dan menguraikan informasi (dari mana informasi akan masuk, dan di mana informasi harus keluar) dan mengirimkannya dengan sesuai. Router pada dasarnya digunakan untuk manajemen lalu lintas. Router berfungsi pada lapisan 3 dari model OSI.
Router jauh lebih pintar daripada hub, yaitu dapat menerapkan protokol keamanan, memberikan alamat IP, baik IP statis atau IP dinamis.Dan dapat berfungsi dalam dua band, transmisi kabel dan nirkabel.
Ada jenis router yang berbeda berdasarkan penggunaanya pada suatu wilayah, seperti pada rumah,penggunaan router ke router pada perusahaan kecil dan yang digunakan untuk fungsi routing yang lebih kompleks pada perusahaan besar.

Gateways
Gateways berfungsi sebagai titik pertemuan keluar masuk antara titik yang berbeda antara 2 jaringan,dan dengan protokol yang berbeda pula.
Misalnya pada jaringan A menggunakan satu protokol, Jaringan B menggunakan protokol yang lain. Sebuah komputer dari jaringan A ingin berkomunikasi dengan komputer dari jaringan B namun karena perbedaan protokol, maka tidak dapat berkomunikasi. Dalam hal ini sebenarnya dapat menambahkan protokol B,namun ini akan menghasilkan proses tasking yang tidak benar benar efisien.
Ini sebaliknya dengan gateway,gateway akan menerjemahkan permintaan dari komputer yang berada pada jaringan A  ke dalam bahasa B, dan kemudian menerjemahkan jawaban dari bahasa B ke dalam bahasa A. Jadi, 2 komputer bisa  berkomunikasi tanpa adanya perubahan dalam protokol.
Gateway berfungsi pada semua lapisan dari model OSI, karena dapat melakukan konversi atau fungsi terjemahan.

Wireless Access Poin
Wireless Access Poin Sebuah titik akses yang bertindak sebagai stasiun tengah pada jaringan, membantu dalam menambahkan lebih banyak pengguna. Terhubung ke jaringan, tetapi hanya bertindak sebagai pemancar dan penerima sinyal jaringan, sehingga perangkat lainnya dapat terhubung ke titik akses dan pada gilirannya akan terhubung kepada jaringan utama. Contoh skenario untuk titik aksesnya adalah rumah besar, di mana router terletak di ruang bawah tanah. Jadi, lantai dasar masih bisa menerima sinyal nirkabel tetapi lantai pertama tidak bisa, karena rentang jaringan yang terbatas.Jalur akses yang terhubung di lantai dasar akan menerima sinyal nirkabel router dan memancarkan lagi untuk mencapai lantai pertama, yang bisa memungkinkan pengguna di lantai itu untuk mengakses jaringan yang asli.
Dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat, fitur dan spesifikasi dari perangkat diatas mungkin bisa berubah, atau perangkat itu sendiri mungkin sudah ketinggalan jaman. Tetapi untuk saat ini,perangkat keras jaringan diatas masih tetap konstan.Setidaknya satu atau dua perangkat keras jaringan di atas masih bisa ditemukan dalam jaringan komputer sekarang.

Leave a Reply