Cara Menulis huruf Arab di Word 2007 dan 2010

Mungkin kamu sudah sering mendapat kiriman dokumen dalam format word.Dan terkadang ada yang cukup menggelitik rasa penasaran,karena kamu melihat ada tulisan Huruf Arab.Jika kamu orang yang suka ingin tahu pasti penasaran,bagaimana caranya membuat tulisan Huruf Arab di microsoft word tersebut?..

Advertisement

Ternyata caranya sangat gampang sekali kok,agar bisa Menulis Huruf Arab pada dokumen word 2007 dan 2010 berukut ini caranya.

1.Sediakan CD program windows komputer kamu,terserah deh kamu mau gimana caranya yang penting sediakan CD tersebut.

2.Buka Komputer kamu : Start -> Control Panel->Regional and Language Options.
Akan muncul jendela seperti Gambar:

Cara Menulis huruf Arab di Word 2007

3.Kemudian kamu buka pada tab Languages->kasih centang ceklist Install files for complex script and right-to-left languages [including Thai]-> OK.

4.Pada jendela yang sama->buka tab Advanced->centang ceklist 10004 [MAC-Arabic] ->Apply ->OK.
Seperti pada gambar berikut:

Cara Menulis huruf Arab di Word 2007

5.Setelah proses diatas selesai,sekarang komputer akan memerintahkan memasukkan CD Operating windows -> masukkan CD kedalam drive optic (CD ROOM)->klik OK.Tunggu sebentar sampai komputer selesai meg-copy beberapa file program yang diperlukan.Jika sudah selesai biasanya komputer meminta kamu agar me-restartnya,lakukan saja tanpa ragu.

###################

1.Buka kembali Regional and language options->Languages ->klik Details->pada jendela munculan klik Add.

2.Kemudian pada input languages->pilih Arabic [Saudi Arabia] -> klik OK->lagi klik OK.

3.Beberapa saat kemudian pastikan kotak language bar muncul ->pilih AR (Arabic).

4.Nah sekarang buka Word 2007 atau 2010 kamu,karena tulisan Arab berjalan dari kanan maka sebelum mulai mengetik aktifkan dulu Right-to-Left Text Direction.

Ya,Selamat karena sekarang kamu sudah bisa menulis hurub Arab di microsoft Word komputer Windows kamu.Akan tetapi sampai disini Kamu masih belum bisa menulis angka dalam huruf Arab.

5.Mulai seeting dengan cara Klik kanan pada Toolbar Microsoft windows ->Customize Quick Access Toolbar->Advance->Lihat pada halaman sebelah kanan,kemudian temukan bagian penyetelan Show document content->Pada Numeral pilih  Arabic->Month name  pilih Context-> OK.

Cara Menulis huruf Arab di Word 2007
Cara Menulis huruf Arab di Word 2007

6.Jika semua penyetelan diatas sudah berhasil,kemudian pada language bar yang berada di pojok kanan bawah Ms Word kamu akan melihat  pilihan pilihan bahasa AR(Arab), EN (English) dll.Jika kamu mau mengetik dalam huruf Arab,tentu saja harus pilih format setting AR.

Cara Menulis huruf Arab di Word 2007

Semoga Berhasil!

Advertisement

Related Post

Cara menambah hardisk baru pada komputer Hardisk lebih dari satu pada komputer adalah hal yang lazim. Hal ini bisa dilakukan jika merasa jika ruang penyimpanan pada hardisk utama dirasa sudah...
Apa perbedaan antara HTTP dan HTTPS?  HTTP dan HTTPS sekilas memang seperti tidak ada perbedaan yang sangat mencolok sekali. Ya, hanya beda pada penambahan karakter "S" pada bagian b...
Saat pakai listrik,melepas baterai laptop bagus ap... Apakah kamu suka melepas baterai laptop disaat digunakan memakai listrik rumah?,,ataukah tetap membiarkan baterai laptop selalu berada didalam tempatn...
Kesamaan dan perbedaan antara internet dan intrane... Banyak sekali istilah-istilah dalam dunia komputer yang perlu untuk kita ketahui. Ada banyak istilah yang secara kosakata, terlihat hampir-hampir miri...

One thought on “Cara Menulis huruf Arab di Word 2007 dan 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *