Cara mengatasi masalah pada Monitor LCD

No comments :

Advertisement
Sekarang sudah bukan jamannya lagi menggunakan monitor tabung yang relatif lebih boros energi dan membuat mata cepat lelah. Hadirnya teknologi monitor terbaru Liquid Crystal Display (LCD),membuat monitor CRT sekarang sudah jarang dipergunakan lagi. LCD monitor lebih hemat energi,gambar yang dihasilkan lebih jernih dan juga nyaman untuk mata.
Walaupun LCD lebih canggih dari teknologi sebelumnya (CRT),namun masalah tetap ada seiring dengan waktu penggunaannya.
Masalah yang bisa terjadi pada masalah monitor LCD bisa disebabkan oleh banyak hal.Jika Anda menggunakan monitor LCD, Anda perlu mengenali cara kerjanya,dan sedikit mengetahui beberapa masalah yang mungkin saja bisa timbul menimpa LCD Anda.

Berikut ini Anda kami ajak untuk mengenal tentang masalah masalah yang umum terjadi pada monitor LCD , dan langkah langkah sederhana untuk mengatasinya.

Kabel penghubung dan Power Supply.
Langkah pertama untuk mengatasi masalah pada LCD Monitor adalah memeriksa Power Supply. Jika monitor tidak bisa menampilkan,hal pertamakali yang perlu dilakukan adalah memeriksa kabel kabel penghubung. Pastikan bahwa kabel listrik sudah terhubung dengan baik. Juga kabel yang menghubungkan monitor dengan PC apakah sudah benar/tidak longgar. lakukan dengan cara melepas semua soket soket yang menghubungkan,kemudian pasang kembali dengan baik dan benar.
Periksa kembali dan jangan sampai ada kesalahan sebelum dicoba untuk dihidupkan. Hati hati,pada saat anda melepas atau menghubungkan kembali, jangan sampai monitor atau PC masih terhubung dengan tegangan listrik. Sering terjadi masalah monitor komputer tidak menampilkan gambar yang disebabkan masalah pada kabel penghubungnya.

Driver Grafis.
Jika monitor masih bekerja dengan baik, akan tetapi gambar muncul setelah ada jendela loading maka driver grafis adalah penyebabnya. Anda bisa menginstal ulang driver grafis untuk mengatasi masalah ini. Untuk melakukan proses instalasi driver, Anda harus membuat setelan boot dalam keadaan Safe Mode.

Sistem Operasi.
Cara mengatasi masalah pada Monitor LCDAda masalah yang bisa terjadi pada tampilan LCD ini berhubungan dengan sistem operasi, seperti contohnya layar berkedip. Untuk mengetahui masalah tersebut, tekan tombol 'on' tombol pada CPU.Kemudian periksalah apakah Anda melihat ada masalah sebelum OS sedang booting.
Jika terlihat ada masalah ketika PC sedang booting, berarti masalah terletak pada monitor.
Tetapi jika masalah tersebut tidak terlihat saat OS sedang booting, mungkin ada masalah dengan driver Monitor.Ini berarti Anda perlu memeriksa pengaturan tampilan apakah sudah benar atau menginstal ulang driver monitor. Anda juga perlu memeriksa VGA,karena hal ini bisa juga diakibatkan oleh VGA. Cobalah untuk menggunakan monitor LCD lain, jika monitor bekerja dengan normal, maka ada kemungkinan masalah terjadi pada driver. Jika masalah masih terlihat pada monitor pengganti, Maka VGA pada komputer anda yang bermasalah.



Kualitas gambar dan resolusi.
Jika layar menampilkan kualitas gambar yang lebih rendah, Anda mungkin hanya perlu melakukan penyetelan resolusi. Masalah lain yang biasa ditemui pada layar LCD adalah adanya warna hijau atau merah muda pada layar. Jika anda menemui masalah seperti ini,mungkin disebabkan oleh kabel selendang pada laptop. Untuk mengatasi masalah ini,anda bisa memeriksa kabel konektor monitor atau menggantinya. Masalah yang terjadi pada kabel penghubung ini bisa juga menyebabkan masalah monitor berkedip-kedip.

Masalah-masalah lainnya.
Beberapa masalah lain yang terjadi pada monitor LCD adalah 'dead pixel', yaitu piksel yang hanya bisa menampilkan warna hitam atau putih selain gambar yang bisa ditampilkan. Jika terlalu banyak dead pixel yang terjadi sehingga menutupi hampir sebagian monitor,mungkin anda harus membeli yang baru.Namun masalah seperti dead pixel ini masih jarang sekali ditemukan.

Jika anda masih saja belum bisa mengatasi masalah masalah pada monitor setelah mengikuti petunjuk diatas,sebaiknya anda serahkan masalah ini kepada teknisi komputer berpengalaman.Jika memang masalah benar benar terjadi pada monitor sudah terlalu berat,teknisi pun akan menyarankan untuk membeli monitor baru lagi.
Advertisement

Post a Comment

Arsip

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com