Cara Membersihkan Kamera SLR

No comments :

Advertisement
Dengan memiliki kamera SLR ,maka anda akan bisa mendapatkan obyek gambar foto yang lebih menakjubkan. Namun Anda juga perlu untuk selalu menjaga kamera Anda dengan membersihkannya secara rutin agar kualitas gambar yang diambil tetap bagus.
Seseorang yang sering menggunakan kameranya diluar suatu waktu akan merasa bahwa kualitas gambar yang dihasilkan semakin menurun.Hal ini sebenarnya sudah umum karena hal ini biasanya disebabkan oleh debu, kotoran dan partikel lain yang bisa menempel pada sensor kamera.
Membersihkan kamera SLR yang Anda miliki adalah sesuatu yang harus rutin dilakukan paling tidak sebulan  sekali .

SLR kependekan dari Single Lens Reflex, adalah teknologi yang bisa memanipulasi cahaya yang berada di sekitar subjek sehingga mampu memberikan tajam dan gambar yang lebih jelas dari kamera biasa. Tanpa harus mengerti teknis dan fungsi dari teknologi ini,membersihkan body dan lensa dari kamera adalah sangat penting agar bisa terus mendapatkan gambar berkualitas tinggi dari kamera SLR yang Anda miliki.

Berikut tips merawat dan membersihkan Digital Camera SLR

Menjaga kamera SLR agar kotoran tidak sampai menyentuh kamera lebih baik daripada membersihkannya nanti.Agar kotoran dan debu tidak sampai menyentuh kamera,lengkapi kamera anda dengan filter lens.Banyak toko kamera menyediakan filter lensa , filter lensa ini akan melindungi lensa kamera Anda jika sedang tidak sedang digunakan.
Selain itu, body  kamera SLR yang dipegang akan meninggalkan bekas tangan dan ini disarankan agar untuk sering di bersihkan.
Meskipun bekas tangan pada body kamera tidak mempengaruhi kualitas gambar ,namun hal ini akan memberikan ketenangan karena kamera akan selalu dalam keadaan bersih.
Untuk membersihkan body kamera,Anda dapat menggosok dengan lembut menggunakan sepotong kain lembut.Pergunakan lap yang bersih untuk mengelap sela sela pada bagian body kamera.

Bagian yang paling penting dari kamera SLR Anda adalah sensor kamera, dan ini adalah bagian yang perlu mendapat perawatan khusus dan presisi.Sensor kamera yang bersih akan meningkatkan kualitas gambar yang Anda ambil.
Membersihkan Lensa Sensor itu sendiri sebenarnya cukup sensitif, sehingga dibutuhkan penanganan yang stabil dan berhati hati .

Sebagai gantinya anda sendiri bisa membersihkan filter low pass yang terletak di depan sensor, untuk mendapatkan hasil yang sama. Untuk membersihkan filter low pass ini anda bisa menggunakan methanol, atau cairan khusus pembersih kamera yang bisa didapat dari toko peralatan kamera.

Caranya basahi potongan kain kecil yang lembut, atau kapas, basahi dengan  cairan dan kemudian digunakan melap filter. Untuk mengetahui mana filter kamera SLR,Anda harus melihat pada buku manual yang disertakan pada paket pembelian.

Didalam kit juga disediakan sikat sensor yang bisa digunakan untuk pembersihan ringan dari debu pada sensor.Petunjuk pembersihan kamera SLR juga disediakan secara lengkap
Seperti telah disebutkan, untuk membersihkan kamera SLR  harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan dengan tangan yang mantap.Jika tidak maka sensor bisa rusak dan akan tidak bisa digunakan lagi.

Mengusap lensa secara langsung menggunakan tangan bisa mengakibatkan pengumpulan debu,dan nantinya daerah tersebut perlu dibersihkan dengan lembut dengan kain microfiber. Kedua sisi dari kaca lensa harus dibersihkan, dan hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan bantuan sebuah blower dan kain. Namun Ingat bahwa sebenarnya blower tidak boleh digunakan,dan jangan sampai anda menyentuh cermin yang berada pada dekat sensor. Beberapa Model kamera SLR terbaru sudah memiliki teknologi pembersih sensor, untuk kamera model ini Anda hanya perlu untuk membersihkan body luar kamera saja.
Advertisement

Post a Comment

Arsip

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com