Pengertian dari HTML adalah

No comments :

Advertisement
Baik,sebelum anda mempelajari syntax-syntax dari HTML, alangkah baiknya jika mengenal apa artinya terlebih dulu.Karena kata orang, tak kenal maka tak sayang.. :D
HTML adalah kependekan dari Hypertext Markup Language dan pengertiannya adalah sekumpulan text atau file ASCII yang berisi intruksi atau perintah  program untuk web browser  untuk menampilkan  tampilan grafis sebuah halaman website.
File HTML dapat dibuat menggunakan aplikasi text editor pada semua system operasi,contohnya adalah Notepad di windows atau simple text di Macintosh.
HTML merupakan cross platform karena walau pembuatannya menggunakan operating system tertentu,namun akan memiliki tampilan yang sama disemua operating system.

Sekrang kesimpulannya adalah HTML itu bekerja pada sisi klien/browser sehingga hanya browser yang mendukung  HTML yang bisa menampilkannya dengan baik.

Nah itu adalah HTML,lalu apakah yang disebut dengan Tag HTML?....

Tag HTML itu umumnya dibuat secara berpasangan yaitu tag pembuka dan tag penutup.
Web browser akan mecari tag-tag HTML dalam file text , membaca dan kemudian menampilkannya sesuai dengan yang diperintahkan.Tag HTML ditandai dengan karakter "<" ">" .
Format tag HTML adalah <nama tag>Yang ditampilkan</nama tag>

Contoh penggunaan tag HTML
<h1> Judul postingan</h1>

Tag tersebut akan memberikan instruksi kepada web browser bahwa Judul postingan tersebut menggunakan style heading level 1.
Ini berkaitan dengan pelajaran CSS kemarin yaitu ID dan CLASS dalam CSS bahwa tag H1 itu bisa bertindak sebagai selector dalam CSS untuk web browser agar menampilkan judul postingan tersebut sesuai dengan manipulasi dalam deklarasi CSSnya.

Banyak tag HTML yang selalu berpasangan seperti ini,sebuah tag penutup selalu di beri tanda "/" untuk menghentikan proses tagging kepada web browser.Jadi,jika kita lupa tidak memberikan karakter "/" maka browser akan menganggap tag tersebut sama seperti text biasa lainnya.
tag HTML tidak case sensitif,maksudnya karakter huruf besar maupun huruf kecil sama saja,contoh;
<body> ____</body> sama saja dengan <BODY>____</BODY> .Namun antara tag pembuka dan penutup sebaiknya tidak berbeda jenis karakternya, misal <body>...</BODY>.

Kesalahan dalam menulis tag HTML tidak berakibat buruk pada system komputer,tetapi browser hanya mengabaikan perintah tersebut dan menganggapnya sebagai text biasa.
Browser web dirancang memiliki kemampuan hanya untuk mengenali dan mengeksekusi beberapa Tag HTML dari keseluruhan  tag HTML standard dari W3C.
Jika web browser tidak mengenali tag HTML tertentu maka browser akan melewatinya saja seakan hanya text biasa lainnya.
Advertisement

Post a Comment

About

Nama saya Supriadi ,founder www.spiderbeat.com.Hanyalah seorang yang sekedar ingin menuangkan sesuatu yang senang ia pelajari.Menyukai elektronika,komputer,otomotif,coding,Ngeblog,Forex trading dan bermain musik, mulai mengenal internet dan belajar blogging sejak tahun 2007..
--

Artikel Komputer dan Teknologi - All Right Reserved. Diberdayakan oleh: Blogger.com